Apa? Autopsi Mayat!!

biasaaja.com
Tidak jarang kita melihat para dokter dan 
ahli forensik mengerjakan prosedur autopsi di televisi. Namun sayangnya, dari banyak acara tersebut, sebagian besar tidak tepat dalam menggambarkan proses autopsi pada mayat itu sendiri.
Meski sebagian besar autopsi dilakukan karena adanya hal yang tidak lazim pada kematian seseorang. Namun sebenarnya, alasan dilakukannya prosedur ini lebih luas dan tidak terbatas pada korban kekerasan atau kejahatan. Lebih jelas, berikut ini fakta seputar autopsi mayat yang perlu diketahui.

Sebenarnya, apa itu autopsi?

Dalam bahasa ilmiah, autopsi disebut sebagai pemeriksaan postmortem atau necropsy. Autopsi adalah pemeriksaan tubuh orang yang sudah meninggal atau mayat, untuk memastikan penyebab kematian, melihat tingkat keparahan penyakit yang diderita, dan mengetahui hasil pengobatan atau pembedahan yang telah dilakukan.

Autopsi dilakukan oleh dokter spesialis forensik. Kata ini berasal dari bahasa yunani kuno, Autopsia, yang artinya untuk melihat sesuatu menggunakan mata kepala sendiri.

Otopsi adalah prosedur medis yang dilakukan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada tubuh orang yang telah meninggal. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk  mengetahui penyebab dan cara orang tersebut meninggal

Pada beberapa kasus, otopsi dapat dilakukan tanpa harus meminta izin dari ahli waris korban. Di kasus lainnya, ahli waris dan keluarga korban harus mengetahui dan menyetujui tindakan otopsi yang akan dilakukan. Selain itu, ada pula proses otopsi yang dapat dilakukan berdasarkan permintaan keluarga