Antisipasi abuse of power, IMM minta Pemko Padang Sidimpuan segera lakukan penandatanganan pakta integritas dan ikrar netralitas ASN.

biasaaja.com
Jelang pilkada November 2024, IMM Minta Pemko Padangsidimpuan segera lakukan penandatanganan pakta integritas dan ikrar netralitas ASN di lingkup Pemko Padang Sidempuan.

Padang Sidempuan- Menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak pada November 2024.

Tobat Wahyudi Nasution Ketua Umum Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tapanuli Selatan_Padang Sidempuan (PC IMM TAPSEL-PADANGSIDIMPUAN) Meminta Pemerintah Kota Padang Sidempuan agar segera melakukan penandatanganan pakta integritas dan mendeklarasikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kota Padang Sidempuan.
"Hal tersebut harus dilakukan sesegera mungkin oleh pemko Padang Sidempuan, untuk mengantisipasi konflik kepentingan dan praktik-praktik intimidasi serta ancaman terhadap  pegawai ASN yang ada di lingkungan kota Padang Sidempuan." Pungkas Tobat.

Menurut Tobat, pilkada kota Padang Sidempuan yang akan terlaksana pada November 2024 mendatang sangat berkemungkinan terjadi potensi adanya dugaan intimidasi terhadap ASN, jika pencegahan tidak dilakukan sesegera mungkin.

"Apalagi isu yang berkembang di tengah-tengah masyarakat kota Padang Sidempuan saat ini  Pejabat (PJ) Walikota Padang Sidempuan Letnan Dalimunthe  digadang gadangkan maju sebagai calon  kepala daerah di kota Padang Sidempuan, tentu hal tersebut  dapat menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti abuse of power nantinya." Sambung tobat

Tobat juga menghimbau ASN dan pegawai non ASN dilingkup kota Padang Sidimpuan agar tidak terlibat dengan politik praktis dan harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip netralitas serta profesionalisme ASN, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)
Pasal 2 huruf f, yang menyatakan bahwa salah satu asas penyelenggaraan 
kebijakan dan manajemen ASN adalah “Netralitas”. Asas Netralitas ini 
berarti bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk 
pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.